Menu Diet Keto untuk Turunkan Berat Badan
- Kesehatan

Tips Memilih Menu Diet Keto untuk Turunkan Berat Badan dan Jaga Kadar Gula Darah

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk bisa menurunkan berat badan, mulai dari olahraga secara rutin sampai dengan menjalani program diet. Bahkan jika dilihat sendiri ragam jenis diet yang ada ini sangatlah banyak, mulai diantaranya adalah diet mayo, diet OCD, diet golongan darah hingga belakangan yang tergolong begitu populer adalah diet keto. Tentu sudah tidak begitu asing dengan namanya bukan, ini adalah sebuah program diet yang menerapkan pola makan yang rendah karbohidrat namun tinggi lemak. Sehingga menu diet keto yang dikonsumsi oleh mereka yang menjalaninya juga berbeda.

Hanya saja memang sampai sejauh ini program diet tersebut masih terbilang kontroversial, karena di satu sisi ada yang mengatakan sebenarnya ini baik dan juga sangat efektif untuk turunkan berat badan. Hanya saja tidak jarang juga diantaranya yang mengatakan program diet ini berbahaya. Karena beresiko tinggi menimbulkan beberapa jenis penyakit tertentu yang berbahaya. Namun ternyata dengan menjalankan diet keto ini sebenarnya juga ada banyak sekali manfaat yang didapatkan untuk kesehatan, seperti diantaranya adalah:

  1. Dapat mengontrol kadar gula darah, khususnya untuk mereka yang memang menderita penyakit diabetes melitus atau yang dikenal juga sebagai penyakit kencing manis. Maka program diet ini, apalagi dengan mengubah menu makanan yang dikonsumsi setiap hari dengan menu diet keto yang rendah karbonya sudah pasti bagus jaga kadar gula darah agar tetap stabil, sehingga nantinya masalah kesehatan yang dialami tersebut juga tidak akan kambuh lagi.
  2. Mengurangi resiko terkena penyakit jantung, dengan menurunkan konsumsi karbohidrat diimbangi dengan mengkonsumsi lemak, khususnya adalah yang sehat hal ini nyatanya sangatlah bagus di dalam mengurangi resiko terkena penyakit pada organ vital yaitu jantung, karena tekanan darah akan tetap terjaga menjadi lebih stabil, jadi jantung tidak akan terlalu berat di dalam memompa darah.
  3. Mengurangi resiko penyakit gangguan syaraf, selain dapat mencegah epilepsi, nyatanya diet keto ini juga bagus di dalam membantu menangani gangguan alzeimer yang akan beresiko tinggi menyerang seseorang di usia lanjutnya, termasuk juga berguna untuk cegah gangguan tidur hingga penyakit parkinson.

Guna menjalani program diet ini, hal penting yang harus diperhatikan adalah dengan pemilihan menu makanan yang dikonsumsi, berikut ini beberapa ketentuannya yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Mengurangi konsumsi karbohidrat, bahkan untuk jumlah yang harus dikurangi atau tidak dikonsumsi juga tinggi. Karena ketentuannya sendiri adalah 75 persen konsumsi lemak, kemudian 20 persen protein dan baru 5 persen diantaranya karbohidrat, sehingga jumlahnya benar-benar sedikit.
  2. Selain dengan diet keto tinggi lemak, maka bisa juga dengan keto tinggi protein dengan pola yang diterapkan adalah 60 persen protein, 35 persen lemak dan 5 persen lagi adalah karbohidrat.
  3. Mulai mengganti menu makanan yang dikonsumsi, diantaranya yang sangat bagus untuk diet keto ini adalah telur, daging, baik itu ayam kalkun, daging merah dan sejenisnya, ikan, krim, mentega, keju, sayur hijau, kacang-kacangan dan juga minyak zaitun, bahkan Anda tetap bisa mengkonsumsi garam dan juga rempah-rempahan.
  4. Harus tahu juga jenis makanan yang hendaknya dihindari, seperti diantaranya adalah nasi, pasta, sereal, umbi-umbian, makanan dan juga minuman manis, lemak yang tidak sehat dan juga minuman dengan kandungan alkohol.

Itulah beberapa ketentuan terkait dengan menu diet keto yang harus Anda ketahui.