Membuat Tidak Percaya Diri, Begini 6 Cara  Menghilangkan Karang Gigi
- Kesehatan

Membuat Tidak Percaya Diri, Begini 6 Cara  Menghilangkan Karang Gigi

Karang gigi atau bahasa ilmiahnya dental calculus merupakan salah satu masalah pada gigi yang diderita oleh banyak orang. Oleh karena itu banyak orang berupaya mencari cara menghilangkan karang gigi, baik dengan cara alami maupun dengan perawatan oleh dokter gigi. Karang gigi ini sendiri biasanya muncul akibat adanya plak yang berasal dari endapan sisa makanan dimana membawa bakteri didalamnya. Tumpukan plak itu sendiri biasanya akan berubah menjadi karang gigi kurang lebih selama 12 hari.

Tetapi biasanya, berapa lamakah karang gigi tersebut bisa terbentuk berbeda-beda dan tergantung oleh setiap orang  dan kadar pH yang terdapat didalam air liur. Semakin tinggi kadar pHnya maka semakin cepat jugalah karang gigi tersebut terbentuk

Cara menghilangkan karang gigi

Keberadaan karang gigi ini menjadi sebuah masalah tersendiri bagi seseorang. Pasalnya keberadaan karang gigi ini dapat meruntuhkan kepercayaan diri seseorang. Untuk itulah cara menghilangkan karang gigi wajib untuk anda ketahui. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan tersebut

  1. Menggunakan baking soda

Cara pertama ini merupakan cara alami yang membantu anda untuk menghilangkan karang gigi yang membandel. Untuk menghilangkan karang gigi menggunakan baking soda tersebut sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan bahkan tidak membutuhkan bantuan dokter gigi sama sekali.

Caranya adalah dengan mencampurkan baking soda dengan garam dan pasta gigi. Gunakan campuran tersebut untuk menggosok gigi anda. Gunakan cara ini selama kurang lebih seminggu sekali maka secara bertahap karang tersebut akan hancur.

  1. Menggunakan biji asam kawak

Cara menghilangkan karang gigi dengan memanfaatkan cara yang satu ini memang masih jarang diketahui oleh masyarakat. Padahal sebenarnya biji asam kawak ini mempunyai efektifitas yang cukup baik untuk menghancurkan karang gigi. Caranya juga terbilang cukup mudah.

Dimana anda bisa langsung menguyah biji asam kawak hingga lumat. Tetapi jangan telan, tetapi anda bisa menggunakan lumatan tersebut untuk menggosok gigi anda.

  1. Jus lemon

Selain dipercaya mampu merawat kulit berjerawat, lemon ternyata juga cukup baik untuk menghilangkan karang gigi anda tersebut. Hal ini tidak lain karena kandungan asam yang cukup tinggi didalam lemon tersebut. Cara menghilangkan karang gigi dengan lemon cukup mudah.

Anda bisa menyelupkan sikat gigi ke dalam larutan jus lemon, kemudian sikat gigi anda dan diamkan selama kurang lebih semenit. Tetapi perlu diingat apabila anda harus melakukannya dengan hati-hati.

  1. Lidah buaya

Adapun bahan lainnya yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan karang gigi yang membuat kepercayaan diri turun yakni lidah buaya. Anda bisa mencampurkan 1 sdt gel lidah buaya dengan 4 sdt gliserin, baking soda dan minyak esensial lemon. Aduk semua bahan hingga berubah menjadi pasti. Setelah itu, anda bisa langsung menggosokkan pada gigi anda.

  1. Cengkeh

Cara alami lainnya yang bisa anda gunakan adalah cengkeh. Selain digunakan sebagai obat sakit gigi, ternyata cengkeh juga bisa digunakan untuk menghilangkan karang gigi anda loh. Caranya cukup mudah, anda bisa menumbuk cengkeh hingga berbentuk serbuk. Kemudian, anda bisa langsung mengoleskan pada gigi yang berkarang.

  1. Scalling

Apabila anda tidak sabar menggunakan cara diatas, maka disarankan untuk menggunakan metode scalling. Dimana ini merupakan metode yang digunakan untuk menghilangkan karang dengan cepat. Metode ini hanya biasa dilakukan dengan dokter gigi yang memiliki alat ultrasonic scaler. Alat ini bisa bekerja dengan baik untuk menghancurkan karang gigi yang sudah mengeras sekalipun

Keberadaan karang gigi ini memang dapat membuat kepercayaan diri seseorang berkurang. Itulah sebabnya cara menghilangkan karang gigi wajib untuk anda ketahui.