Penyebab Keputihan Berwarna Hijau
- Kesehatan

Inilah 5 Penyebab Keputihan Berwarna Hijau

Bagi Anda yang sudah mengalami menstruasi pasti sudah tidak asing lagi dengan keputihan. Kondisi umum terjadi selama tidak memiliki gejala tidak normal, seperti berbau, berwarna, dan menimbulkan rasa gatal. Namanya juga keputihan biasanya muncul dengan warna putih, tapi apa penyebab keputihan yang berwarna hijau.

  1. Trikomoniasis

Trikomoniasis merupakan salah satu penyakit menular seksual yang sering menyebabkan keputihan berwarna hijau. Penyakit ini disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis yang mudah menular melalui hubungan intim. Sebanyak 70% penderitanya tidak merasakan gejala apapun, meski ada juga yang merasakan.

Apabila muncul gejala, biasanya berlangsung selama 5-28 hari. Beberapa gejala yang mungkin muncul adalah bercak darah ringan, sakit pinggul (jarang terjadi), vagina perih, gatal dan kemerahan, rasa tidak nyaman saat buang buang air kecil atau berhubungan seksual, serta keputihan berwarna hijau muda/ tua dan bau tak sedap.

  1. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri juga bisa menyebabkan keputihan berwarna hijau. Sistem reproduksi rawan terhadap infeksi karena memiliki struktur terbuka. Sebenarnya, bakteri sudah ada di dalam organ keintiman, namun jika jumlahnya berlebih maka dapat memicu infeksi sehingga cairan abnormal pun keluar.

Perkembangan bakteri yang berlebih ini disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah minimal higienitas. Namun, jika Anda terlalu sering membersihkan vagina juga tidak baik untuk kesehatan vagina. Anda bisa mengatasi infeksi ini dengan bantuan antibiotik.

  1. Infeksi Saluran Kencing

Bagi Anda yang sedang hamil tapi mengalami keputihan berwarna hijau, maka hal ini bisa terjadi karena adanya infeksi saluran kencing. Anda tidak perlu khawatir jika hal ini terjadi karena tergolong wajar. Ukuran perut yang terus membesar dapat menghalangi aliran urin yang membuat frekuensi buang air kecil meningkat.

Menahan kencing dapat meningkatkan jumlah bakteri di saluran kencing yang bisa memicu infeksi. Meskipun tergolong wajar, kondisi ini harus tetap dikonsultasikan pada dokter untuk memastikan penyebabnya. Infeksi saluran kencing ini bisa diatasi dengan obat antibiotik, namun jangan sembarangan dalam memilih obat.

  1. Infeksi Jamur

Penyebab keputihan yang keempat adalah infeksi jamur. Keseimbangan jumlah jamur di vagina yang terganggu dapat mengakibatkan infeksi yang disertai rasa gatal dan keluarnya cairan tidak normal, seperti keputihan berwarna hijau. Hal ini biasanya disebabkan karena kita yang kurang memperhatikan kebersihan daerah vagina.

  1. Produk Tertentu

Penggunaan produk-produk tertentu pada vagina juga bisa membuat keputihan berwarna hijau. Misalnya saja tampon, sabun atau spray dan lain sebagainya. Anda tidak boleh sembarangan menggunakan produk yang dimasukkan atau untuk membasuh daerah vagina karena bisa mengganggu keseimbangan jamur dan bakteri.

Itulah tadi informasi mengenai penyebab keputihan berwarna hijau. Tidak ada salahnya jika Anda langsung memeriksakan pada dokter agar diketahui penyebab dan penanganan sedini mungkin karena cukup berbahaya. Untuk informasi manfaat yang lain, kunjungi saja parenting.orami.co.id.