Hati-Hati Memilih Salep Mata untuk Bayi Belekan, Ini Panduannya
- Kesehatan

Hati-Hati Memilih Salep Mata untuk Bayi Belekan, Ini Panduannya

Pada dasarnya ada banyak sekali obat sakit mata untuk bayi dan anak-anak yang dijual di apotek. Namun perlu untuk diingat bahwa Anda tidak bisa memperlakukan semua masalah yang terjadi pada mata dengan cara yang sama. Pasalnya cara mengobatinya haus disesuaikan dengan kondisi. Nah berikut beberapa salep mata untuk bayi belekan dan anak-anak berdasarkan penyebabnya.

Hordeolum (Bintitan)

Pada dasarnya masalah yang satu ini merupakan infeksi yang terjadi di dalam kelenjar kelopak mata yang disertai dengan bintil atau benjolan menyerupai jerawat pada salah satu bagian mata. Biasanya kondisi yang satu ini disertai dengan warna kemerahan dan rasa sakit. Penyebab dari masalah mata yang satu ini adalah staphylococcus aureus.

Cara pengobatan yang bisa Anda lakukan adalah dengan kompres bagian mata yang mengalami bintitan menggunakan air hangat selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Sangat disarankan untuk dilakukan selama 3 sampai 4 kali sehari untuk membantu menguras kelenjar di dalamnya. Selain itu Anda juga bisa mengginakan OCT mata agen namun harus berdasarkan resep dokter.

Blepharitis

Gangguan mata yang satu ini biasanya disebabkan karena infeksi yang lebih kronis yang disebabkan oleh staphylococcus epidermidis atau S aureus. Kondisi yang satu ini biasanya ditandai dengan kelopak mata yang membengkak rata, kemerahan, dan sering disertai dengan ketombe pada area bulu mata. Bahkan dalam beberapa kasus kondisi ini disertai dengan sensasi terbakar.

Karena masalah yang satu ini sering kali mirip dengan gangguan mata lainnya yang disebabkan karena infeksi virus, maka sangat dianjurkan bagi Anda untuk tidak menggunakan obat tetes mata atau salep mata untuk bayi belekan tanpa disertai dengan resep dokter.

Adapun beberapa obat yang dianjurkan untuk para penderita gangguan yang satu ini adalah salep antibiotik. Pada umumnya salep lebih disukai dibandingkan dengan obat tetes mata. Namun jika Antibiotik ini tidak diperlukan, maka hal paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan selalu menjaga kebersihan kelopak mata sang buah hati agar terhindar dari masalah yang satu ini.

Konjungtivitis Bakteri

Pada umumnya kondisi yang satu ini lebih sering dikenal dengan belekan yang ditandai dengan adanya kotoran berwarna kuning kehijauan yang menyebabkan kelopak mata bagian atas dan bawah merekat sempurna. Meski bulan merupakan salah satu kondisi yang membahayakan namun jika dibiarkan tentu masalah yang satu ini akan mengganggu aktivitas si kecil.

Biasanya belekan ini bisa sembuh dalam jangka waktu 2 hingga 3 minggu. Namun dengan melakukan pengobatan yang lebih baik dalam durasi yang lebih cepat, hal ini juga akan mengurangi risiko komplikasi kornea yang serius.

Nah dari penjelasan di atas tentu Anda sudah mengetahui bawah salep mata untuk bayi belekan tidak bisa digunakan dengan sebarangan. Penggunaanya harus disertai dengan resep dokter dan sesuai dengan penyebabnya agar proses penobatan dapat berjalan lebih efektif. Selalu jaga kesehatan sang buah hati dengan mencari berbagai tips menarik lainnya hanya di orami.co.id.