Cara Meninggikan Badan dengan Berolahraga
- Kesehatan

Cara Meninggikan Badan dengan Berolahraga

Ketika lahir, tubuh manusia akan terus bertambah dan berkembang seiring bertambahnya usia. Namun dalam beberapa kondisi beberapa orang mengalami hambatan dalam pertambahan tinggi badan. Badan ideal merupakan impian semua orang dan bisa menjadi salah satu syarat dalam mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu cara meninggikan badan dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan baik untuk tulang dan melakukan olahraga sederhana.

Berikut adalah beberapa makanan untuk menambah tinggi diantaranya:

  • Protein, yang memberikan metabolisme pada tulang, dengan mengonsumsi daging ikan maupun unggas yang memiliki protein dengan tingkat serum tertinggi dan berhubungan dalam peningkatan mineralisasi pada tulang dan memininalisir patah tulang, protein kacang-kacangan lebih rendah dan yang mengonsumsi protein lebih banyak akan mengalami massa tulang lebih besar.
  • Vitamin D untuk meningkatkan penggunaan dan penyerapan kalsium maupun fosfor oleh tubuh, baik untuk kesehatan tulang rawan, gigi dan tulang, aktifitas fisik akan banyak mengonsumsi vitamin D yang menjadi puncak pertumbuhan massa tulang puncak.
  • Vitamin K yang baik untuk pembekuan darah secara normal dan menjaga kesehatan tulang, diproduksi oleh mikroorganisme pada usus kemudian disimpan dalam hati.
  • Kalsium yang penting dalam pembentukan tulang dan mengendap mineral tulang untuk hidup manusia dan 99% disimpan pada gigi dan tulang.

Selain itu, perlu mengonsumsi zinc yang memiliki peran dalam mediasi hormonal dan bergabung dalam sintesis hormon pertumbuhan dan sekresi. Hormon ini dihasilkan pada hati dan aktivasi somatomedin pada tulang rawan, berhubungan dengan pertumbuhan tulang. Karbohidrat dan lemak untuk meningkatkan kepadatan massa tulang manusia dan membantu dalam penyerapan manusia yang diperoleh dari buah-buahan dan sayuran sehingga makanan ini dapat dikonsumsi sejak dini untuk mendukung perkembangan anak.

Untuk makanan yang bernutrisi dapat mengonsumsi lobak yang memiliki kandungan untuk membantu hormon pertumbuhan dan menjadi diet dengan mengambil ekstraknya sebagai jus lalu diminum setiap haru. Mengonsumsi 3 butir telur sehari akan membantu pertumbuhan dan menjadi sumber protein yang aman, jika mengenai kandungan kolesterol dapat mengonsumsi omega 3 atau bagian putihnya saja. Mengonsumsi 2 gelas susu untuk membangun sel tubuh dan menjaga kandungan vitamin B12 dan vitamin D untuk meningkatkan pertumbuhan tinggi secara alami. Bok choy yang menjadi sayuran yang memiliki karbohidrat, serat dan vitamin yang merangsang hormon pertumbuhan dan membuat tubuh menjadi lebih tinggi.

Berikut adalah gerakan penambah tinggi diantaranya:

  • Melakukan lompatan secara rutin sebelum makan dan setelah bangun tidur, dapat juga menggunakan trampolin sehingga kepala tidak mudah terbentur.
  • Melakukan lompatan tali yang dilakukan selama 10 menit atau 20 menit yang menggunakan tali cukup panjang.
  • Berayun dengan menggunakan tiang horizontal untuk membuat tumpukan pada kedua tangan saat memegang tiang lalu mengayunkan tubuh hingga memposisikan kaki dibagian depan.
  • Peregangan yang dilakukan tiap pagu dengan mengencangkan bagian belakang tubuh yang lebih tegak luruh sehingga akan mensekresi hormon pertumbuhan untuk memiliki tinggi ideal.
  • Gerakan mencium lutut dengan cara meluruskan kaki dan membungkuk badan kedepan hingga mencium lutut sehingga akan membuat pertambahan yang dilakukan selama 10 menit.

Cara meninggikan badan dengan gerakan dengan melakukan postur ular kobra yang membuat pandangan kebawah dan kedua telapak tangan bertumpu sehingga memberikan peregangan pada bagian belakang. Gaya berenang dengan tengkurap akan membuat pertambahan tinggi dengan mengangkat kaki dan menahan posisi di lantai selama 4 detik menggantinya dengan mengangkat kaki lainnya. Gerakan-gerakan mudah ini dapat dilakukan secara rutin hasil yang maksimal.