Cara Menentukan Denah Rumah Minimalis Untuk Keluarga Kecil
- Property

Cara Menentukan Denah Rumah Minimalis Untuk Keluarga Kecil

Membuat sebuah denah rumah adalah hal penting yang harus Anda lakukan dalam merencanakan pembangunan rumah. Pembangunan rumah tanpa denah yang baik tidak akan berjalan sesuai dengan rencana. Dengan bahan bangunan yang sama dan desain yang berbeda akan menghasilkan bangunan rumah yang sangat berbeda. Bagi Anda yang memiliki keluarga kecil dan sedang merencanakan pembangunan rumah, pilihan denah menarik berikut bisa menjadi referensi untuk Anda.

Tren rumah minimalis merupakan hal yang disukai oleh banyak orang di masa sekarang. Gaya rumah minimalis tidak pernah tergerus oleh perkembangan tren. Gaya ini selalu mendominasi baik di masa lalu, maupun di masa sekarang. Hanya model-modelnya saja yang berganti-ganti.

Menentukan sebuah denah rumah minimalis bisa dilakukan oleh Anda sendiri. Banyak orang yang menggunakan jasa arsitek untuk mendapatkan desain rumah yang lebih istimewa. Namun jika Anda bisa melakukannya sendiri, mengapa tidak mencoba? Yang terpenting adalah Anda harus mengetahui bagaimana cara menentukan denah sesuai dengan kebutuhan keluarga. Langkah-langkahnya ialah:

  1. Sediakan lahan untuk halaman rumah

Langkah pertama yang penting untuk dilakukan adalah menyediakan lahan untuk halaman rumah. Halaman rumah yang luas akan membuat rumah terkesan elegan dan nyaman. Sebelum membuat denah rumah , Anda harus memberikan ruang untuk calon halaman rumah Anda.

Rumah yang dibangun tanpa halaman akan terkesan lebih sempit. Halaman rumah memang banyak disepelekan, padahal manfaatnya sungguh besar. Pastikan halaman rumah Anda memiliki luas yang proporsional jika memang lahan yang Anda miliki memungkinkan.

Memiliki halaman yang luas akan memberikan keuntungan bagi Anda. Area tersebut bisa dijadikan sebagai area bermain anak. Anda juga bisa membangun taman atau bangunan untuk dijadikan sebagai tempat bersantai bersama dengan keluarga tercinta. Ingat, jangan pernah meremehkan keberadaan halaman rumah dalam denah rumah minimalis yang akan Anda buat.

  1. Buat dengan sedikit sudut mati

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan dalam membuat denah rumah adalah dengan menggunakan sedikit sudut mati. Apakah yang dimaksud dengan sudut mati? Sudut mati dalam suatu denah berarti tembok atau sekat yang menghubungkan satu ruangan dengan ruangan lainnya.

Bagi Anda yang akan membangun rumah minimalis, ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur biasanya menyatu dalam suatu ruangan tanpa adanya tembok pemisah. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat ruangan di rumah terkesan luas. Bayangkan, jika lahan yang digunakan sedikit dan terlalu banyak sekat, rumah akan terkesan menjadi lebih kecil.

Dengan membuat sedikit sudut mati pada denah rumah yang akan dibuat, maka Anda bisa menggunakannya untuk menempatkan perabotan rumah Anda kelak. Selain itu, penggunaan sudut mati rupanya juga bermanfaat untuk membuat biaya pembuatan rumah menjadi lebih sedikit.

  1. Lihat arah datangnya matahari

Jika Anda sudah paham bagaimana cara membuat sedikit sudut mati, kini saatnya bagi Anda untuk melihat arah datangnya matahari. Rumah yang tidak terkena cahayya matahari akan terkesan pengap dan tidak sehat. Bahkan, cahaya matahari memang bermanfaat untuk membunuh kuman dan sumber penyakit

Rumah yang tidak terkena sinar matahari tidak akan sehat dan bahkan akan membahayakan keluarga yang tinggal di dalamnya. Mendesain rumah memang bukan merupakan hal yang mudah. Anda harus benar-benar memperhatikan arah datangnya matahari agar kelak jika rumah Anda sudah jadi, sinar matahari bisa masuk menyinari bagian dalam rumah Anda.

Untuk memastikan cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah, Anda bisa menggunakan jenis jendela yang cukup besar. Jadi, rumah akan menjadi lebih hangat dan lebih sehat. Hal ini akan memberikan kenyamanan yang lebih untuk Anda dan keluarga tercinta.

  1. Memperkirakan ukuran ruang dengan teliti

Membuat sebuah denah rumah minimalis harus ditelit dengan sebaik mungkin. Anda harus memperhatikan ukuran ruang yang akan dibuat sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda kelak. Rancanglah setiap ruang yang akan Anda buat dengan cermat dan pintar.

Memperkirakan ukuran ruangan menjadi sebuah hal yang cukup krusial mengingat hal ini akan berpengaruh pada bangunan rumah yang akan Anda bangun kelak. Untuk mempermudahnya, Anda bisa menggunakan software untuk membangun rumah yang banyak beredar di internet.

Sekali lagi, membuat denah rumah minimalis tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Anda harus memperhatikan beberapa hal penting di atas untuk mendapatkan denah yang paling pas untuk bangunan rumah Anda kelak. Jika Anda memang belum mahir dalam membuat desain denah, akan lebih baik bagi Anda untuk meminta bantuan kepada arsitek.

Mengapa Menggunakan Desain Rumah Minimalis?

Banyak orang yang mencari jasa pembuatan denah rumah minimalis di era sekarang. Hal ini dikarenakan rumah minimalis memang banyak disukai. Tinggal di rumah minimalis lebih praktis dibandingkan di rumah dengan ukuran luas. Terutama bila rumah tersebut untuk ditinggali oleh keluarga kecil.

Berikut beberapa alasan yang mendukung banyak orang untuk memilih bangunan rumah minimalis untuk keluarga mereka.

  1. Praktis

Alasan pertama mengapa denah rumah mulai banyak dicari adalah praktis. Banyak orang yang lebih untuk memilih rumah minimalis di era modern sekarang. Dari segi dekorasi bangunan ataupun konsepnya, rumah minimalis memang terlihat lebih praktis. Tata ruangannya juga akan terlihat lebih nyaman jika dilihat secara visual.

  1. Sederhana

Apakah Anda adalah tipe orang yang menyukai hal-hal simpel? Rumah dengan desain minimalis memililiki ukuran yang tidak terlalu luas. Bentuknya kecil dan sederhana membuat semua orang yang ingin tampil dengan kesederahanaan menjadi lebih puas memilikinya. Rumah dengan desain minimalis tidak kalah elegan dengan desain rumah mewah. Meskipun terkesan sederhana, Anda bisa melakukan dekorasi interior ruangan dengan sangat istimewa.

  1. Furniture lebih minimal

Memiliki rumah yang mewah dengan ukuran yang besar harus dipertimbangkan karena Anda harus mengisinya dengan furniture dengan ukuran yang cukup besar. Ada banyak dana yang akan Anda keluarkan untuk melengkapi ruangan Anda dengan furniture-furniture yang cocok.

Sedangkan bagi Anda yang lebih memilih desain rumah minimalis, Anda tidak perlu mencari furniture yang super lengkap. Anda bisa memilih desain furniture yang kecil dan unik. Hal tersebut akan tetap terlihat rapi dan bagus jika Anda benar-benar cermat dalam memilihnya.

  1. Menambah rasa kebersamaan

Kebersamaan dalam lingkungan keluarga adalah hal penting yang harus diutamakan. Jika desain rumah terlalu besar, maka anggota keluarga akan menjadi lebih suka untuk menyendiri karena memang sudah tersedia ruangan khusus untuk masing-masing anggota keluarga.

Hal tersebut sangat berbeda jika Anda memiliki rumah minimalis. Akan ada banyak waktu dimana keluarga berkumpul bersama di suatu ruang. Komunikasi antar anggota keluarga akan menjadi lebih terjaga dengan baik.

  1. Bersih-bersih lebih mudah

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu di rumah, memilih desain rumah minimalis merupakan pertimbangan yang harus dilakukan. Proses bersih-bersih rumah akan menjadi lebih mudah. Tak perlu menggunakan jasa asisten rumah tangga, Anda bisa melakukannya sendiri.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menggunakan desain denah rumah minimalis untuk membangun rumah Anda kelak? Buatlah denah rumah dengan sebaik mungkin menggunakan tips yang telah dijelaskan di atas.