7 Event yang Paling Cocok Dipromosikan dengan Roll Banner
- Lifestyle

7 Event yang Paling Cocok Dipromosikan dengan Roll Banner

Kegiatan promosi atau pemasaran tidak selalu berkaitan dengan jualan produk. Bisa juga untuk memeriahkan acara-acara tertentu seperti seminar, wedding, simposium, konferensi, hingga workshop. Penggunaan roll banner dinilai sangat efektif karena tidak memerlukan banyak tempat sekaligus irit dari segi biaya. Berikut 7 event yang bisa dipromosikan.

  1. Seminar

Umumnya, seminar hadir dengan tema tertentu yang dibahas oleh para pakar. Kemudian ada pula panel-panel diskusi sebagai penyambung diskusi tersebut. Mengingat tema yang dibahas biasanya begitu penting, maka perlu melibatkan masyarakat umum. Tujuannya agar hasil bahasan tersebut bisa langsung tersampaikan ke khalayak tanpa harus menambah media.

  1. Acara Pernikahan

Kadangkala acara pernikahan yang berlangsung menghadirkan banyak tontonan. Misalnya orgen tunggal, band, atau sejenisnya. Mustahil jika acara semeriah itu hanya dinikmati oleh tamu undangan atau kedua mempelai. Dengan adanya roll-up banner diharapkan masyarakat di sekeliling bisa ikut merasakan kemeriahan tersebut tanpa sungkan-sungkan lagi.

Ada pula pemasangan roll-up banner hanya untuk eksklusivitas acara pernikahan saja. Misalnya dengan memanfaatkan ukuran banner yang kecil agar bisa dipasang di atas meja. Para tamu undangan yang datang bisa langsung melihat serangkaian acara lewat banner tersebut. Pemasangan banner seperti ini dimaksudkan untuk membuat para tamu terkesan.

  1. Simposium

Sepintas, antara simposium dengan seminar itu mirip. Tapi sebetulnya kedua acara tersebut memiliki perbedaan. Jika seminar lebih sering dihadiri oleh peserta pemula, maka simposium hanya berisi kalangan ahli dan audien yang sudah berpengalaman. Dalam acara tersebut, audien dibebaskan untuk mengajukan pendapat ataupun memberi sanggahan.

  1. Forum

Dalam praktiknya, forum bermakna sebagai tempat pertemuan untuk bertukar-pikiran sebebas mungkin. Para peserta yang hadir biasanya memiliki satu minat yang sama dengan pembicara ataupun panitia. Misalnya Forum Sastra Bekasi. Forum tersebut bisa dihadiri oleh pegiat sastra di area Bekasi atau dari luar daerah tersebut. Bebas, asal satu hobi/minat.

  1. Konferensi Pers

Terselenggaranya jenis konferensi ini hanya memuat satu tujuan, yakni agar informasi yang disampaikan bisa tersebar seluas mungkin. Umumnya dilakukan menjelang atau sesudah kegiatan berlangsung. Maka dari itu, para wartawan dari media diharapkan hadir di acara tersebut. Pemasangan roll-up banner juga lebih banyak ditujukan pada mereka.

  1. Fashion Show

Di acara inilah para desainer busana terbaik unjuk kebolehan mengenai karya masing-masing. Rata-rata, busana yang dikenakan para model pun terlihat elegan, unik, dan serba-kekinian. Dari sini pula nantinya tren di bidang fashion akan tersalurkan ke hadapan masyarakat secara umum. Maka dari itu, perlu pemberitaan seluas mungkin sebagaimana konferensi pers.

Baik wartawan media cetak maupun online yang hadir diharapkan dalam jumlah banyak. Terutama untuk media yang berskala nasional atau internasional. Sebab, daya jangkau media tersebut bisa sampai ke daerah-daerah. Tidak terbatas di kota besar saja. Adanya acara ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan nilai brand di mata pelanggannya.

  1. Workshop

Acara workshop dihadiri oleh pembicara dari kalangan ahli. Umumnya lebih bersifat pelatihan “terselubung” yang memiliki tindak-lanjut. Pesertanya bisa dari kalangan masyarakat umum ataupun orang-orang yang memiliki satu hobi. Misalnya workshop Kompas yang rutin digelar tiap tahun untuk menemukan bakat-bakat penulis baru.

Apakah pembuatan roll banner untuk event harus memiliki desain yang unik. Bisa iya, bisa tidak. Tergantung kebutuhan. Untuk beberapa acara seperti seminar, forum, workshop, atau simposium, cukuplah pakai template yang disediakan oleh platform percetakan online seperti di Printerous. Untuk teknis lanjutannya bisa dikonsultasikan dengan tim platform tersebut.