Tips Agar Puasa Lebih Kuat dan Lancar
- Kesehatan

5 Tips Agar Puasa Lebih Kuat dan Lancar

Jika Anda salah satu dari jutaan Muslim di dunia yang merayakan Ramadhan bulan ini, kemungkinan Anda berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam setiap hari. Berpuasa adalah bagian penting dari banyak tradisi keagamaan, dan biasanya dapat dicapai dengan aman. Namun, jika Anda memiliki kondisi kesehatan – termasuk kehamilan, menyusui, atau diabetes atau penyakit lain – yang terbaik adalah berkonsultasi dengan pemimpin agama Anda dan / atau dokter Anda untuk menentukan apakah Anda masih perlu berpuasa atau Anda dapat berpuasa tanpa membahayakan.

Dan jika Anda harus meminum obat apa pun, pastikan untuk bertanya kepada penyedia layanan kesehatan Anda apakah Anda dapat melewatkannya dengan aman atau apakah mereka dapat dikonsumsi tanpa makanan dan cairan. Jika Anda merasa tidak enak badan selama puasa, istirahatlah, pertimbangkan menghirup jus, dan konsultasikan dengan dokter jika gejala Anda tidak membaik.

Tips Agar Kuat Puasa
Berpuasa selama bulan Ramadhan adalah latihan mental seperti halnya latihan fisik. Meskipun kita mungkin berbeda dalam bagaimana kita mempersiapkan pikiran dan tubuh kita, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Muslim menyesuaikan diri dengan puasa harian:

  1. Tetap terhidrasi. Cobalah minum beberapa kali sepanjang malam, bahkan jika Anda tidak merasa terlalu haus. Pilih minuman yang tidak mengandung kafein, karena minuman berkafein dapat mengalami dehidrasi. Ingat, berbuka puasa di iftar (makan malam setelah matahari terbenam) dengan air tidak hanya sebuah tradisi, itu juga memastikan bahwa Anda mendapatkan sumber hidrasi terbaik ke dalam tubuh Anda sebelum menjadi terganggu dengan makanan.
    Tapi, berhati-hatilah dan jangan berlebihan dengan minum terlalu banyak pada satu waktu. Mencoba minum beberapa galon secara bersamaan dapat melarutkan elektrolit tubuh Anda, menyebabkan kondisi yang berpotensi fatal yang disebut keracunan air.
  2. Variasi adalah bumbu kehidupan. Makanlah beragam makanan di malam hari. Sekarang, lebih dari sebelumnya, tubuh Anda membutuhkan makanan yang baik untuk mengimbangi stres saat berpuasa. Biji-bijian utuh, sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, lemak sehat (lemak dari tumbuh-tumbuhan, seperti minyak zaitun dan kacang-kacangan) — semuanya penting untuk memberi tubuh Anda semua nutrisi yang dibutuhkan.
  3. Ukuran porsi penting. Butuh tubuh sekitar 20 menit untuk mendaftar bahwa itu sudah cukup untuk dimakan. Jadi jangan berlebihan dengan makan saat berbuka puasa. Makan dengan penuh perhatian dan mendengarkan ketika rasa lapar Anda benar-benar membuat stres tubuh Anda berkurang dan memberi Anda lebih banyak energi daripada makan dalam jumlah besar pada satu waktu.
  4. Terus bergerak. Meskipun puasa bisa melelahkan secara fisik, cobalah untuk tidak sepenuhnya berdiam diri. Jika Anda biasanya berolahraga di pagi hari, lihat bagaimana rasanya tubuh Anda jika Anda beralih berolahraga ke malam hari setelah berbuka puasa. Olahraga berat bukanlah ide yang baik di siang hari karena Anda dapat dengan cepat mengalami dehidrasi. Pikirkan hal yang kecil — jalan-jalan pendek yang mudah atau beberapa peregangan bisa sangat membantu menjaga energi Anda di siang hari.
  5. Beberapa rahasia untuk sahur yang baik. Bersama-sama, komponen makanan seimbang membantu gula darah Anda tetap paling stabil, yang memberi Anda energi yang baik. Berikut contoh menu sahur yang baik bagi kelancaran puasa anda :
    – Biji-bijian utuh — sumber termasuk sereal gandum utuh, roti gandum utuh, beras merah, dan oatmeal.

Buah-buahan dan sayuran segar

Protein — sumber termasuk susu, yogurt, telur, kacang-kacangan.

Lemak sehat — sumbernya adalah kacang-kacangan dan zaitun.